Orientasi Tenaga Lini Lapangan

By ADMIN 13 Okt 2020, 14:56:10 WIB Kegiatan
Orientasi Tenaga Lini Lapangan

Selasa, 6 Oktober 2020 Pukul 09.00 WIB s/d 11.00 WIB Balai Desa Bayan, Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Bayan melaksnakan kegiatan Orientasi Tenaga Lini Lapangan. Acara dibuka oleh Plh. Camat Bayan Ahmat Jainudin, S.IP.

Acara dilaskanakan  dengan memperhatikan protokol kesehatan yaitu sebelum mengikuti acara mencuci tangan terlebih dahulu, jaga jarak antar kursi, serta semua peserta wajib menggunakan masker/faceshield.

Drs. Yuliver Asmoro Koordinator lapangan Penyuluh KB Kecamatan Bayan melalui sambutannya menyampaikan terima kasih kepada perwakilan dari DINSOSDUKKBPPPA yang berkenan hadir dalam kegiatan Orientasi Tenaga Lini Lapangan hari ini. Semoga materi yang akan disampaian oleh pemateri bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Ahmat Jainudin, S.IP menyampaikan “Saya ucapkan terimakasih kepada BP KKBPK Kecamatan Bayan telah melaksanakan kegiatan ini, semoga kita semua dalam keadaan sehat walafiat. Ibu-Ibu sekalian sangat berperan aktif menanggulangi berbagai macam masalah didesa sebagai contoh ledakan ibu hamil. Kegiatan posyandu, posbindu, dan kegiatan lain di desa mohon untuk dilaksanakan dengan memperhatikan sejumlah protokol kesehatan”.

Materi oleh Anny Retno Priastuti, SKM, MM selaku Kepala Bidang KB. Sub PPKBD merupakan ujung tombak kegiatan dari BP KKBPK. Disampaikan  terimakasih kepada ibu-ibu atas kerja kerass, semoga untuk kedepannya bisa terus semangat dalam memajukan program KKBPK.  Mengenai  peran dan fungsi Sub PPKBD, diantaranya:

  1. Pengorganisasian
  2. Pertemuan
  3. KIE dan konseling
  4. Pencatatan, pendataan dan pemetaan sasaran
  5. Pelayanan kegiatan, serta
  6. Kemandirian

Sedangkan perlu kita bahas kembali mengenai 8 fungsi keluarga menurut BKKBN, diantaranya (1) Fungsi agama, (2) Fungsi kasih sayang, (3) Fungsi perlindungan, (4), Fungsi sosial budaya, (5) Fungsi reproduksi, (6) Fungsi sosialisasi dan pendidikan, (7) Fungsi ekonomi, dan (8) Fungsi pembinaan lingkungan

 

Drajad Setio selaku Kasie Kelembagaan menyampaikan bahwa Ibu-ibu Sub PPKBD bisa memanfaatkan lembar balik yang telah dibagian. Alat kontrasepsi terdiri dari berbagai macam, macam-macam tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan, diantarnya: (1) Kondom, (2) KB suntik, (3) Pil KB, (4) Susuk/implant, (5) IUD/KDR, (6) Vasektomi, (7) Tubektomi/MOW. Bagi ibu pasca persalinan yang sedang menyusui bisa menggunakan pil, suntikan, dan implant dengan jangka waktu 6 minggu. Sedangkan pasca keguguran bisa menggunakan implant, suntikan, pil, dan kondom.

Acara Orientasi Tenaga Lini Lapangan berjalan dengan lancar.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment